Wednesday, September 13, 2017
Home > News > ICW sebut Pansus Angket DPR Hanya Cari Kesalahan KPK

ICW sebut Pansus Angket DPR Hanya Cari Kesalahan KPK

ICW sebut Pansus Angket DPR Hanya Cari Kesalahan KPK

ICW

Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kinerja Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupwsi (KPK) hanya untuk mencari-cari kesalahan lembaga ad hoc tersebut.

Peneliti ICW Donal Fariz mengatakan, cara kerja Pansus Hak Angket KPK melebar dari empat materi utama yang dibacakan saat Paripurna DPR. Sehingga, patut diduga sebagai bagian dari cara mencari-cari dan menemukan kesalahan KPK.

“Paling kentara itu kelihatan di kasus mereka menemui para terpidana kasus korupsi di Suka Miskin,” kata Donal, di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2017).

Kata Donal, sejak Pansus Angket KPK mulai bekerja sampai dengan tanggal 22 Agustus setidaknya ada 16 aktivitas yang dilakukan. Menurutnya, dari 16 jenis aktivitas yang dilakukan Pansus Angket KPK, sebanyak 12 aktivitas yang dianggap tidak relevan.

“Kenapa dinilai tidak relevan, contoh ada kunjungan ke kepolisian, Kejaksaan Agung, ke Penjara Suka Miskin, dan Save House. Kalau kita lihat 16 aktivitas dengan 4 materi objek angket tidak ada relevansinya sama sekali,” tegasnya.

Ia menjelaskan, ada empat materi objek angket sebagaimana yang dibacakan dalam Paripurna DPR. Adalah, tata kelola anggaran KPK, tata kelola dokumentasi dalam proses hukum penindakan dugaan korupsi, ketidakharmonisan internal KPK, dan persoalan pencabutan BAP oleh Miryam S. Haryani

“UU MD3 dia adalah forum penyelidikan untuk mencari tahu pelaksanaan Undang-Undang dan atau kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan Undang-Undang,” terangnya.

TAGS : Pansus Angket KPK Revisi UU KPK

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20816/ICW-sebut-Pansus-Angket-DPR-Hanya-Cari-Kesalahan-KPK/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz