Friday, August 25, 2017
Home > News > Suap Pemerintah, Wakil Direktur Samsung Dihukum Penjara

Suap Pemerintah, Wakil Direktur Samsung Dihukum Penjara

Suap Pemerintah, Wakil Direktur Samsung Dihukum Penjara

Wakil ditektur Samsung

Jakarta- Wakil Ketua Samsung Electronics dan pewaris Lee Jae-yong dijatuhi hukuman lima tahun penjara di sebuah pengadilan di Seoul karena suap dan tuduhan lainnya.

Lee, yang juga dikenal sebagai Jay Y. Lee, dihukum karena menyuap mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye dan Choi Soon-sil, sebagai imbalan atas bantuan pemerintah dalam memperluas penguasaannya atas Samsung Group.

“Inti dari kasus ini adalah hubungan kolusi antara kekuatan politik dan kekuasaan kapitalis,” kata ketua Hakim Kim Jin-dong dari Pengadilan Negeri Seoul Pusat mengatakan. “Sebagai eksekutif Samsung, mereka memiliki banyak dampak negatif terhadap masyarakat dan ekonomi. Sangat mengejutkan bahwa penyakit kolusi bisnis politik antara orang Korea yang paling berkuasa, presiden, dan konglomerat bukanlah sesuatu dari masa lalu tapi Masih terus berlanjut, akan sulit dihilangkan. “

Lee dinyatakan bersalah atas kelima tuduhan tersebut yakni penyuapan, penggelapan, penyembunyian kegiatan kriminal, sumpah palsu dan transfer aset ilegal ke luar negeri dan menerima hukuman yang dianggap keras bagi eksekutif perusahaan.

Para ahli percaya penghakiman pada Jumat (25/8) menunjukkan ketertarikan untuk memodifikasi hubungan antara orang kaya dan mereka yang berkuasa. Dilansir UPI, Pemimpin bisnis Korea Selatan, termasuk ayah Lee, dihukum karena perilaku korup di masa lalu namun mendapat hukuman ringan.

Samsung adalah perusahaan terbesar di Korea Selatan, dengan kapal elektronika, asuransi jiwa dan kargo dalam portofolio bisnisnya dan Lee telah menjadi wajah publiknya.

Empat eksekutif Samsung lainnya diadili dengan Lee atas kejahatan yang sama, dan masing-masing dihukum pada hari Jumat.

Seiring dengan hukuman Lee, beberapa mantan eksekutif dipidana pada hari Jumat. Mantan CEO Samsung Strategy Strategy Choi Gee-sung dan mantan Presiden Chang Choong-ki masing-masing menerima empat tahun penjara dan dua eksekutif lainnya menerima hukuman penjara yang ditangguhkan.

TAGS : Lee Jay Korsel Samsung

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20732/Suap-Pemerintah-Wakil-Direktur-Samsung-Dihukum-Penjara/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz