Friday, September 15, 2017
Home > News > Kapal Tanker Saudi Jadi Target Houthi, Bila..

Kapal Tanker Saudi Jadi Target Houthi, Bila..

Kapal Tanker Saudi Jadi Target Houthi, Bila..

Militer Houthi (Foto: Reuters)

Riyadh – Kelompok Houthi Yaman tidak hanya mengancam akan mengirim rudal yang menyasar warga sipil Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Bila Pelabuhan Hodeidah diserang, Houthi menegaskan akan menyerang kapal tanker minyak Saudi yang melintasi perairan Yaman.

“Kami bisa menyerang kapal tanker minyak Saudi, dan kami bisa melakukan apapun,” kata pemimpin Houthi Abdel Malek al-Houthi dilansir dari Memo, Jumat (15/9).

Dalam sebuah pidato di televisi lokal, Malek juga menebar ancaman kepada UEA, bila ikut campur polemik di Yaman. Rudal balistik yang dimilik Houthi, kata Malek, bisa menjangkau ibu kota UEA, Abu Dhabi.

Meski demikian, Menteri Luar Negeri UEA Anwar Gargash mengatakan negaranya tidak khawatir atas ancaman Houthi. Malah ia menunjuk Iran lah yang berada di balik semua ancaman tersebut.

“Milisi Iran punya tujuan buruk dan ancaman yang nyata,” kata Gargash.

Sebelumnya, PBB dan Saudi berencana mengambil alih Pelabuhan Laut Merah Hodeidah ke tangan partai netral. Hal itu dimaksudkan untuk memperlancar masuknya bantuan kemanusiaan yang datang dari luar negeri.

Namun usul ini menuai penolakan dari Houthi. Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi menuding pihak Houthi sengaja ingin memanfaatkan Pelabuhan Hodeidah sebagai tempat melakukan penyelundupan senjata, dan mengumpulkan bea masuk sebagai keperluan perang.

TAGS : Yaman Saudi Houthi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21807/Kapal-Tanker-Saudi-Jadi-Target-Houthi-Bila/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz