Friday, September 15, 2017
Home > News > KPK Periksa Sekda Kota Dumai

KPK Periksa Sekda Kota Dumai

KPK Periksa Sekda Kota Dumai

Gedung KPK RI (foto: Jurnas)

Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Sekretaris Daerah ‎Kota Dumai, H Muhammad Nasir pada hari ini Jumat (15/9/2017). Nasir akan diperiksa sebagai saksi kasus korupsi proyek peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau TA 2013-2015.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Nasir akan diperiksa sebagai saksi sekaligus untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Direktur Utama PT Mawatindo Road Construction Hobby Siregar. “M Nasir diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi untuk tersangka HOS (Hobby Siregar, direktur PT Mawatindo Road Construction),” kata Febri Diansyah.

Dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek jalan Batu Panjang-Nyirih di Kabupaten Bengkalis, Riau tahun anggaran 2013-2015 ini, Nasir juga telah ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama Hobby Siregar.

Keduanya diduga melakukan kongkalikong terkait proyek jalan lintas provinsi sepanjang 51 KM dengan lebar 6 meter ini. Proyek ini disebut-sebut menelan biaya sekitar Rp 500 miliar. Kasus ini terjadi ketika Nasir masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bengkalis.

Perbuatan keduanya diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Terkait proses penyidikan kasus ini, tim penyidik telah menggeledah beberapa lokasi. Yakni rumah mantan Bupati Kab Bengkalis, Heriyan Saleh, rumah M Nasir, kantor Dinas PU, kantor Pemda, dan kantor LPSE. Kedua tersangka juga telah dicegah ke luar negeri untuk enam bulan kedepan sejak 21 Juli 2017.

Kasus ini terungkap lantaran M Nasir gagal berangkat ke tanah suci karena dicegah ke luar negeri. Rencannya M Nasir bersama istri akan berangkat ke tanah suci bersama kelompol terbang (kloter) 7 Embarkasih Batam. Pencegahan ini dilakukan pihak Imigrasi setempat atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi.

TAGS : Sekda Dumai Korupsi Bengkalis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21813/KPK-Periksa-Sekda-Kota-Dumai/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz