Friday, December 1, 2017
Home > News > China Kembangkan Satelit Mata-mata Tembus Pandang

China Kembangkan Satelit Mata-mata Tembus Pandang

China Kembangkan Satelit Mata-mata Tembus Pandang

Ilustrasi satelit

Beijing – Pemerintah China kembangkan satelit mata-mata, Ghost Imaging (Pencitraan hantu) dalam waktu 10 tahun yang dapat melacak sasaran yang tersembunyi seperti pembom Amerika Serikat B-2 Spirit. Demikain dilaporkan South China Morning Post melaporkan pada Minggu (26/11).

Ghost Imaging memungkinkan satelit mengambil gambar melalui benda semi tembus pandang atau buram seperti awan. Fisikawan di University of Baltimore, Maryland, kampus pada 1995 melakukan percobaan di mana “satu foto melewati pola stensil di topeng untuk memicu detektor, dan foton lain ditangkap oleh detektor kedua.

Anehnya, gambaran pola antara dua detektor muncul,” kata Angkatan Udara Amerika Serikat pada 2008 saat mengumumkan dana baru untuk penelitian menerapkan pencitraan hantu ke satelit.

Periset China berencana melengkapi satelit dengan sensor kuantum yang memungkinkan mereka mengidentifikasi dan memantau pergerakan pesawat yang tidak terlihat di malam hari dari luar angkasa, seperti B-2 Spirit, menurut para periset.

Di antara karakteristik B-2 adalah lapisan luar khusus yang dirancang untuk menangkis dan menyerap gelombang yang dihasilkan oleh kamera satelit di orbit.

Para periset bekerja untuk mengembangkan teknologi yang disesuaikan dengan penangkapan B-2 Spirit, Gong Wenlin, peneliti di Laboratorium Kunci Pilihan Kuantum di Akademi Ilmu Pengetahuan China di Shanghai mengatakan pada SCMP pada Minggu (26/11).

Proyek ini berusaha untuk melengkapi prototipe satelit dalam dua tahun ke depan, menguji pesawat luar angkasa berteknologi tinggi pada  2025, dan menerapkan aplikasi tersebut dalam skala besar pada 2030.

“Teori pencitraan hantu sudah mapan dan dipahami,” kata Xiong Jun, profesor fisika di Beijing Normal University. “Kecepatan aplikasi sangat bergantung pada pemerintah dan jumlah uang yang mau dibelanjakan.”

B-2 Spirit ditugaskan pada 1997 dan akhirnya dapat diganti oleh B-21 Raider rahasia, pembom jarak jauh yang diam-diam dijadwalkan mengudara pada 2025.

TAGS : China Ghost Imagin Satelit

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25459/China-Kembangkan-Satelit-Mata-mata-Tembus-Pandang/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz