Thursday, November 23, 2017
Home > News > Korsel Dukung Label Teroris untuk Korut

Korsel Dukung Label Teroris untuk Korut

Korsel Dukung Label Teroris untuk Korut

Bendera kebangsaan Korea Utara (L), Korea Selatan dan Amerika Serikat (Foto: Yonhap News)

Seoul – Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengamini keputusan Amerika Serikat setelah menetapkan Korea Utara kembali ke dalam daftar negara yang mensponsori terorisme. Menurutnya, keputusan tersebut dapat berkontribusi pada denuklirisasi damai di Korea Utara.

Penunjukan yang diumukana pada Senin (21/11) memberikan keleluasaan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi lebih banyak kepada Pyongyang, yang sedang mengejar program senjata nuklir dan rudal yang bertentangan dengan sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB).

“Selain mengancam dunia dengan kerusakan nuklir, Korea Utara telah berulang kali mendukung tindakan terorisme internasional, termasuk pembunuhan di tanah asing,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

“Penunjukan akan diikuti oleh sanksi dan hukuman kepada Korea Utara dan orang-orang terkait dan mendukung kampanye tekanan maksimum kami untuk mengisolasi rezim pembunuh tersebut,” Trump menambahnkan.

Menurut Reuters, pada Selasa (21/11), Presiden Republik itu mengatakan Departemen Keuangan akan mengumumkan sanksi tambahan terhadap Korea Utara pada Selasa hari ini.  

Trump, yang sering mengkritik kebijakan pendahulunya terhadap Pyongyang, mengatakan bahwa penunjukan tersebut seharusnya sudah dibuat sejak lama.  Pada 1987 Pyonyang ditetapkan sebagai negara mensponsori terorisme atas pemboman Korean Air yang membunuh semua atau 115 orang di atas kapal. Namun administrasi mantan Presiden George W. Bush, menghapus Pyongyang dari dafter tersebut pada 2008 sebagai imbalan kemajuan dalam perundingan denuklirisasi.

Korea Utara yang tidak merahasiakan rencananya mengembangkan rudal berujung nuklir yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat. Ia melepas dua rudal yang melintas di langit Jepang dan pada tanggal 3 September melepaskan uji coba nuklir keenam dan terbesar.

Badan mata-mata Korea Selatan mengatakan pada Senin (20/11) bahwa Korut dapat melakukan uji coba rudal tambahan tahun ini untuk memperbaiki teknologi rudal jarak jauh dan meningkatkan ancaman terhadap Amerika Serikat

TAGS : Korea Selatan Teroris Amerika Serikat Pyonyang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25108/Korsel-Dukung-Label-Teroris-untuk-Korut-/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz